#ChitChatNN: Apalah Arti Sebuah Nama Makanan
Sungguh awalnya gue gak peduli sama artis-artis yang bisnis
makanan dan mengklaim makanan itu khas daerah yang cocok untuk oleh-oleh. Bodo
amat.
Tapi suatu waktu ada temen gue yang kasih link ini (Keluhan Netizen ...), isinya artikel
yang membahas perjuangan seseorang mendapatkan makanan produk salah satu artis di
Jogja. Pas gue baca, kok gemes ya? Antara mau ngetawain tapi kesel juga mau
menghakimi. Apa sih, yang bikin mereka penasaran sampai rela antri seharian cuma
buat mendapatkan cake dan pastry yang gue yakin rasanya gak lebih baik dari
cake dan pastry yang dijual di toko kue di mall-mall besar, yang mana bisa didapatkan
dengan mudah dan cepat tanpa harus ke suatu daerah dan antri seharian. Sis, apa
sih yang dicari? Apa rasanya? Apa karena artisnya? Apa karena . . . duh, please
deh, ya biar kekinianlah!
Okay.
Sebenarnya bebas ya, dan memang terserah mereka (si
artis-artis) mau bisnis apaan aja, bebas mau buka toko kue di mana aja, gak
apa-apa, terserah mereka mau kasih nama apa aja, bebas.
Tapi . . . kita juga boleh kritis, ya, yang gue sayangkan kenapa mesti dengan
rumus (nama daerah) + (nama makanan dengan bahasa asing) + tagline “oleh-olehnya
(nama daerah)” atau “belum ke (nama daerah) kalau belum beli (nama makanan)”.
Kenapa pakai nama daerah untuk makanan yang digadang-dagang sebagai
oleh-oleh kekinian? Sadar atau gak, percaya atau gak, itu bisa mencemari nama daerah tersebut. Makanan khas yang beneran asli daerah tersebut bisa tenggelam, karena yang lebih terkenal makanan-makanan (yang katanya) khas untuk oleh-oleh kekinian. Padahal pengusaha lain bikin inovasi makanan kekinian gak nebeng nama daerah, tetep laris manis loh.
Misal nih, misalnya ada pasangan bule Australia lagi
jalan-jalan di Pontianak, terus nanya sama warga lokal makanan apa yang khas
Pontianak, kebetulan warga lokal yang ditanya itu ternyata anak instagram kekinian,
dijawablah sama warga lokal kekinian itu, “sekarang yang lagi hits itu
Lamington Pontianak, om, tante, yang punya itu loh artis keren Glenn Alineskie, cobain deh, rasanya enak kekinian gitu.” Atas
dasar informasi tunggal itu, dibelilah sama si bule ini Lamington Pontianak. Terus
terjadi percakapan antara bule itu,
“Namanya sama ya, kayak makanan khas di kampung kita, udah,
ah gak usah beli.”
“Iya. Hmm, mungkin ada citarasa khas Pontianak, cobain dulu.”
Terus mereka beli – dimakan – saling tatap
“Rasanya . . . beda dikit.”
“Iya, mantep Lamington bikinan mbah uti yang khas kampung
kita, sih.”
“Yah, jauh-jauh ke Indonesia ke Pontianak, makanan khasnya
sama aja kayak di kampung kita di Australia.”
“Iya. B ajah.”
Coba itu, sayang banget kalo kayak begitu, padahal di Pontianak
ada Choi pan/Chai kue, ada Pengkang juga. Terus kalo si bule pergi ke kota
lain terus dikasih tau makanan khas kekinian lagi, terus mereka kapok, terus
gak beli oleh-oleh makanan, terus gagal terkenal dong makanan yang asli khas
daerah.
Sebuah makanan disebut khas suatu daerah itu ada sejarahnya,
turun temurun terkait kebiasaan budaya yang berkembang di masyarakat,
penamaannya pun ada ceritanya. Gak ujug-ujug bikin kue pake bahan-bahan lokal,
rasanya enak dan pada suka, oke ini jadi makanan khas daerah ini, namanya ini
aja biar keren, ditambah nama daerah biar pada tau ini khas daerah sini. Tolong,
jangan gitu.
Nama makanan-makanan khas nusantara juga jarang sih yang
pake tambahan nama daerah, kebanyakan namanya unik-unik pake bahasa daerah dan
bener-bener mempresentasikan makanannya. Iya, ada yang pake tambahan nama
daerah tapi itu karena jenisnya sama tapi tetep rasanya khas. Misalnya, soto Betawi
dan soto Lamongan. Sama-sama soto isinya suiran ayam, tapi rasa jelas beda dan tiap soto
punya citarasa khas sendiri. Jadi kalo di meja ada dua jenis soto ini, bisa
dibedakan meski gak dikasih tau namanya. Gue bisa bedain ini pake santan oh,
soto Betawi nih, yang ini soto lamongan soalnya pake koya. Kalo semua oleh-oleh
makanan punya artis itu ditaruh di piring yang sama, gue bilangnya ini kue,
kerennya cake dan pastry. Udah. Mana gue tau yang mana dari Bandung yang mana
dari Jogja, yang mana dari Bogor.
Ah, gue jadi inget cerita dorama judulnya Mare, tentang
cita-cita seorang gadis yang mau jadi pattisier. Jadi dia tinggal di suatu
daerah agak terpencil di Jepang, namanya daerahnya itu Noto. Singkat cerita dia
udah jadi pattisier dan buka toko yang jual cake Perancis gitu, meski dia bikin
cake pake bahan-bahan yang ada di Noto tapi dia namain cakenya pake bahasa Perancis, salah satu namanya Reine des Fraises, itu gak sembarang kasih nama loh, tapi juga ada filosofinya. Pernah temennya protes cake ini rasa strawberry
kenapa gak dinamain strawberry cake aja, kenapa namanya ribet banget. Tapi Mare
tetap teguh pokoknya harus pake bahasa Perancis. Mare, anak kampung yang
kreatif dan memiliki integritas yang tinggi.
Yah, begitulah keluh kesah gue tentang bisnis makanan kekinian yang pake nama daerah, dan kekawatiran gue dengan pergeseran budaya makanan-makanan khas nusantara, masa depan reputasi nama daerah yang asal dipake, kasian juga sama usaha makanan oleh-oleh masyarakat lokal yang kalah di strategi marketing dan promosi.
Baca juga pandangan Nika mengenai fenomena bisnis makanan artis di sini -> #ChitChatNN: Strategi Marketing Ampuh
Kamu kayak orang pontianak beneran dah. aku aja gaterlalu tau tentang kuenya glenn alineskie itu. xD sampe tau pengkang juga. hahaha.. pengkang itu enak sambelnya. kalo gak disambelin mah b aja sih.
BalasHapusmodal jadi terkenal itu poin utama pemasaran sih. makin terkenal, makin mudah dapat pelanggan. tapi kayaknya di pontianak gak heboh2 banget. kebiasaan warga pontianak, sih, kalo ada tempat/kuliner baru, rame2 datang. tapi setelah itu, tau rasanya gimana, ya udah. rasanya biasa ya bakal ditinggalin. kuingat kejadian rice bowl yg awalnya rame banget, tapi dalam itungan bulan langsung tutup karena bangkrut.
kuliner daerah kan udah ada bahkan sebelum daerahnya punya nama kan... tambahan nama daerah di belakang ya buat menarik wisatawan luar, biar kalo ke daerah itu, jadi keinget kuenya. walo pun jauh sekali dari kuliner khasnya. enak banget yak jadi orang terkenal kalo mau jualan.
Sebenernya aku juga gak gitu tau makanan khas daerah lain-lain, tapi syukurnya pas search "makanan khas pontianak" yang tersebut pengkang, dkk. xD
HapusSampe bangkrut? Wah, kritis ya, warga pontianak, bagus itu, haha
Udah gitu kebanyakan orang kemakan pedoman kekinian, kalo sampai makanan khas lokal tenggelam, ironis sekali.
Hahaha.. itu pengkang padahal di pontianak kotanya susah dapatnya, mungkin malah nggak ada yg jual karena org nganggap nggak begitu enak. Adanya agak jauh dari kota, desa Peniti. :D Kamu gak mau nyobain makan pengkang di sini, Wi? xD
HapusIya. Awalnya aja yg dibikin rame dan bikin direkturnya banyak berharap. beberapa bulan setelahnya ya sepi. mending buka warung makanan biasa ala2 pecel lele ayam goreng lalapan gitu.
makanya tiap daerah biasanya mengadakan festival kuliner nusantara buat merawat jajanan khasnya, cuma ya itu, bertahan seminggu selama festival doang. atau sehari kalo diadain tiap minggu kayak di GOR.
Mau, coba kirimkan satu, kak.
HapusLele dan ayam goreng lalapan... terbaik.
Iya bener, lumayan ada festival makanan nusantara.
Enakan makan di tempatnya langsung~ ke sini aja. Etapi boleh juga sih kasi alamatmu dulu, jika memungkinkan, ya bisa dikirim~
Hapus#ModusMintaAlamat
Iyah. Mau makan lalapan dgn ayam goreng dan sambelnya itu tiap malem juga kayaknya gabakal bosen sih. Asal siangnya makan yg lain. xD
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapusaku pernah noonton ni tv, ada wawancara sama pembeli kue 'artis' gtu
BalasHapuspas ditanya, lebih miih beli kue khas daerah, atau beli kue artis, mereka pada jawab beli kue artis. miris banget jadinya.
lebih milih yg kekinian dibanding yang makanan khas ckckckckck
Ini yang dikhawatirkan, iya miris banget.
Hapus